Fungsi Tulang Pengumpil Pada Lengan Manusia

Fungsi Tulang Pengumpil Pada Lengan Manusia

Fungsi Tulang Pengumpil – Tulang pengumpil adalah salah satu jenis tulang pada lengan manusia yang berbentuk pipa dan mempunyai ukuran lebih pendek daripada tulang hasta dan terletak di sisi bawah lengan atas. Tulang ini memiliki peran yang sangat penting karena turut menyusun bagian lengan bawah bersama dengan tulang hasta.

Tulang yang juga sering disebut dengan radius ini ada di bagian lengan bawah sejajar ke atas dengan ibu jari. Tulang pengumpil yang memiliki bentuk seperti pipa menjadi penghubung antara tulang lengan atas dengan ibu jari.

Bagian ujung ukuran tulang pengumpil berukuran cukup besar jika dibandingkan dengan rongga. Bagian ujung ini memiliki fungsi untuk membantu pergerakan yang dimiliki oleh lengan bawah.

Selain itu masih ada banyak lagi fungsi dari https://www.austineubanks.com/ tulang pengumpil bagi manusia. Sebut saja seperti menyusun kerangkan lengan bagian bawah serta mengatur pergerakan tangan dan siku. Tulang ini juga bisa menyokong lengan saat kita sedang mengangkat beban atau merangkak.

Fungsi Tulang Pengumpil Pada Lengan Manusia

Mengatur Pergerakan Tangan Bagian Bawah

Fungsi yang pertama yaitu sebagai pengatur pergerakan tangan bagian bawah. Manusia mampu menggerakan tangan bagian bawah karena adanya tulang pengumpil yang menyambungkan siku dengan tangan di sisi ibu jari.

Menyusun Kerangkan Lengan Bawah

Fungsi tulang pengumpil selanjutnya yaitu sebagai penyusun kerangka lengan bawah sebagai bagian dari kerangka alat gerak atas manusia. Dalam prakteknya , tulang pengumpil akan dibantu dengan tulang hasta untuk menyusun kerangka lengan bagian bawah.

Membantu Fungsi Rotasi Pada Lengan

Manusia mampu memutarkan lengan atau dikenal dengan rotasi pada rengan ini disebabkan karena adanya tulang pengumpil yang dibantu dengan fungsi sendi putar.

Memproduksi Sel Darah

Banyak yang belum tahu bahwa tulang pengumpil mampu memproduksi sel darah karena adanya sumsum tulang yang banyak (tulang pipa). Selain itu tulang pengumpil juga bisa berfungsi sebagai tempat sumsum tulang yang digunakan untuk memproduksi sel darah untuk fungsi lainnya.

Memungkinkan Gerakan Fleksi Dan Ekstensi

Gerakan fleksi adalah gerakan meluruskan lengan, sedangkan gerakan ekstensi adalah gerakan membengkokkan lengan. Kedua gerakan itu dapat terjadi karena adanya tulang pengumpil , namun juga bisa terjadi karena adanya otot bisep.

Membentuk Sendi Peluru Pada Pergelangan Tangan

Dan yang terakhir tulang pengumpil juga bisa berfungsi sebagai pembentuk sendi peluru yang ada pada bagian pergelangan tangan manusia. Fungsi ini juga didukung bersama dengan tulang hasta dan tulang pergelangan tangan, sehingga bisa terbentuk sendi peluru pada pergelangan tangan.