Pengertian Semiotika Dan Tanda Di Dalamnya

Pengertian Semiotika Dan Tanda Di Dalamnya

Pengertian Semiotika Dan Tandanya – Karya seni merupakan salah satu hal yang dapat kita amati dengan pendekatan semiotika, lebih khususnya dengan semiotika rupa atau semiotika visual. Analisa semiotika ini juga digunakan agar dapat mengungkapkan tujuan dari komunikasi perasaan, ekspresi, atau pikiran apa yang ingin seniman sampaikan kepada para penikmat seni dengan komposisi tanda. Nah, apa sih yang dimaksud dengan semiotika?

semiotika

Pengertian Semiotika

Semiotika ialah sebuah ilmu yang mempelajari tentang tanda (sign). Kata semiotika ini sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni “Semeion”, yang memiliki arti tanda. Menurut nicholasprojects.org Zoest, tanda merupakan segala sesuatu yang dapat diamati atau dibuat teramati. Tidak terbatas pada benda saja. Proses mewakili itu terjadi di saat pertanda itu didefinisikan hubungan sama yang diwakilinya, dapat berbentuk wujud atau warna dalam kreasi senirupa. Proses itu disebutkan semiosis, Semiosis ialah satu proses yang mana satu pertanda berperan sebagai perwakilan atas sesuatu yang diikutinya. Hal sebagai konsentrasi dalam pengkajian semiotika di sini ialah semiosis tersebut, yakni proses yang memadankan substansi yang dikatakan sebagai representasi dari substansi yang diwakilkan itu yang disebutkan object. Proses semiosis kerap disebutkan sebagai signifikansi/signification.

Pengertian Tanda Dalam Semiotika

Tanda atau sign ialah suatu hal yang untuk seorang memiliki arti suatu hal lainnya, atau suatu hal yang mewaikili suatu hal lainnya dari suatu hal tersebut, seperti metafora. Suatu hal yang diartikan bisa berbentuk ide, pemikiran, pengalaman (suatu hal yang dirasakan) atau hati, tanda tak terbatas pada object atau benda saja. Bila A dikenali dan dijumpai sebagai wakil B, karena itu A bisa dibilang sebagai tanda.

Tanda sendiri bisa dipisah jadi tiga kelompok, yakni icon, lambang dan index.

  • Icon / Ikon
    Icon ialah tanda yang mempunyai keserupaan/similiarity bahkan juga seperti secara fisik dengan suatu hal yang diwakilinya. Tanda sebagai icon mempunyai makna yang sesimpel untuk mengomunikasikan A karena itu diwakilkan oleh gambar A. Lukisan foto muka yang seperti seorang ialah icon dari orang itu.
  • Simbol / Lambang / Symbol
    Pemahaman lambang atau simbol ialah tanda yang sebagai wakil suatu hal berdasar kesepakatan-kesepakatan (convention) baik menyengaja atau mungkin tidak tersengaja, misalkan gedung sate sebagai wakil Bandung. Sama seperti yang disampaikan oleh Hoet “Tanda dapat berbentuk simbol bila jalinan di antara tanda itu sama yang diwakilinya di dasarkan pada kesepakatan/convention, misalkan rumah beratap gonjong sebagai wakil Minang Kabau, (ide berdasar kesepakatan yang ada pada warga.”(Hoet, 1999: 2).
  • Index / indeks
    Index ialah tanda yang yang sebagai wakil suatu hal berdasar keterikatan/contiguity yang umumnya tercipta pengalaman dari seperti awan kelabu ialah tanda akan hadirnya hujan.